Blitar, Dengan Kebodohan Yang Tak Ada Habisnya



Sabtu pagi, bangun tidur bingung mau ngapain. Tiba – tiba pengen masak tomyum sama @iiqhue, tapi nggak bisa, jauh. Akhirnya aku buka maps, dan menemukan fakta bahwa di maps, jarak Pare – blitar bisa di tempuh Cuma satu jam. Langsung lah aku siap siap mandi dan ijin ke teacher di camp. Iya, kalo disini sekarang nggak bisa langsung kabur aja. Dijaga banget deh. Nggak lupa aku juga WA ke @iiqhue, kalo aja ada apa – apa dijalan, setidaknya ada yang tau kalo aku pergi. Aku nggak sarapan, langsung berangkat aja dengan bawa tas berisi dompet, hp, powerbank, dan tentunya tripod. Yang perlu di highlight, aku bawa dompet tanpa liat duli, ada isinya atau enggak.

Aku mulai jalan ngikutin peta, ternyata jalan yang harusnya ku lalui tutup karena ada perbaikan jembatan. Alhasil harus muter muter dulu lewat kampung dengan jalanan yang rusak dan berdebu. Seperti biasa, aku lupa nggak bawa masker. Yang bikin deg degan, indikator bahan bakar di motor udah kedip kedip. Hanya bisa berharap, semoga nggak akan dorong motor di tengah persawahan dengna jalanan yang rusak begini. Untungnya, ada warung yang jual bensin eceran. Penyelamat. Duh, tak doain laris deh warungnya.  Aku beli se liter seharga 9.000 biar hati tenang. Padahal ternyata, sekitar  1 km setelahnya ada pom bensin. Duh!

Aku nggak nambah isi bbm, karena males dan tetep lanjutin perjalanan. Di sebuah persimpangan, ada rambu arah gitu, blitar lurus, dan ke kanan ada nDalem Pojok. Tentu bukan Oktaffyani kalo hidupnya lurus – lurus aja. Sebelumnya aku sudah pernah dengar tentang nDalem Pojok. Ini adalah rumah masa kecil Ir. Soekarno, presiden pertama RI. Disini ada beberapa peninggalan Soekarno kecil, lengkap diberi keterangan tiap barangnya. Untuk masuk kesini kita hanya perlu mengisi buku tamu dan ada koatak yang disediakan untuk diisi seikhlasnya. Setelah puas melihat – lihat, aku pamit pada abdi dalem yang tadi mempersilakanku masuk.

Aku melanjutkan perjalanan, yang niatnya mau langsung ke pantai. Udah berjuta tahun rasanya nggak ngecharge pikiran di pantai. Lagi lagi sampai di Blitar kota, aku tergoda buat mampir ke makam Bung Karno. Setelah tadi ke rumah masa kecil, kayaknya kurang komplit kalo nggak ke makamnya. Biayanya Cuma butuh buat parkir 5.000, dan beli es 5.000, sama sebelumnya isi bbm 20.000

Di kawasan mkan bung karno, nggak Cuma ada makam aj, tapi juga ada perpustakaan dan museum. Dan tentunya tempatnya instagramable. Tentunya sebagai anak milenial yang harus updaete insta story, aku mengambil beberapa foto.

Siang semakin panas, aku memutuskan untuk lanjut ke pantai. Kali ini beneran ke pantai.  Perjalanan masih sejam lagi sampai pantai. Setelah jauh melewati kota, mulai masuk jalanan desa yang sepi dan agak rusak, dan juga hutan hutan yang kering. Pemandangan di sekitar hutannya bagus pol. Pantai semakin dekat, harusnya. 15 menit, masih jalanan berkelok, 20 menit, mulai mau pingsan. Akhirnya setelah entah berapa lama sampai juga di TPR. Tiket masuknya 15.000, yang ternayata setelah aku cek karena ada event nanti malam. Kalo normal 10.000. Shit ! Padahal aku Cuma mau sebentar. Kenapa aku mengumpat? Karena ternyata uangku habis. Salah siapa ? Ya salahku sendiri. Kalian ingat kan di awal aku nggak ngecek cash ? Asal bawa dompet dan hp dan langsung berangkat. Ternyata, isi dompetku Cuma tinggal 17.000 .
Astaghfirullohaladziiim..

Uang 15.000 ku pakai untuk bayar tiket masuk, dan sampai di tempat parkir, ternyata parkitnya 5.000. Duitku kuraang !! Dengan muka sok santai padahal bingung banget mau gimana. Sebelum beranjak dari parkiran, tentunya aku harus punya uang dulu dong, biar tenang. Akhirnya aku minta tolong ke salah satu pengunjung yang baru datang, dengan bahasa jawa dan mencoba logat jawatimuran. Setelah di translate kira – kira begini
“mba, maaf. Pakai gopay / ovo / m banking nggak? Saya mau minta tolong.”
“Hah? Apa ?” Tanyanya bingung.
“Pakai mbanking / gopay / ovo nggak mba? Saya mau minta tolong. Saya nggak bawa uang, butuh 5000 buat bayar parkir. Terus mbake tak transfer.”
“hpku vivo mbak.” Sambil nunjukin smartphone nya.
Duh ! Padahal penampilannya modern, dan pake smartphone. Tapi kok masnusianya kurang smart. Wkwk, udah di tolongin masih ngomel. Dasar aku! Akhirnya ku jelaskan lagi, akhirnya sampai pada kesepakatan buat aku isiin dia pulsa, buat di tuker cash. Aku isiin dia pulsa 20.000 buat daetin uang 5.000 buat parkir.

Pantainya sejujurnya nggak menarik, nggak terlalu kotor, tapi nggak bersih banget juga. Setelah beberapa saat menikmati pemandangan, aku memutuskan untuk pulang. Setelah keluar dari jalanan hutan, tentu tujuan pertama adalah nyari ATM. Atm pertama yang ku temui ada di kanan jalan, males banget buat nyebrang. Jadi langsung lewat aja. Nah, lagi lagi. Dasar manusia! Udah dikasih kesempatan, nggak diambil. Setelah belasan kilometer baru ada ATM lagi, padahal perut udah keroncongan banget dari tadi minta makan. Tapi mungkin belum rejeki, atm nya rusak. Nyari lagi, untung ada yang deket, sekitar 2 kiloan dari situ.
Setelah dapat uang, keluar atm, tiba tiba ada hal yang selalu mengejutkan. Yaps, kang parkir! Tadi pas datebg nggak ada deh perasaan. Setelah bayar parkir, aku langsung pergi buat nyari warung makan. Aku berhenti di sebuah warung bakso buat makan dan juga cuci muka, karna mukaku udah kucel nghak karuan.

Setelah mkan dan memulihkan tenaga, aku jalan pulang lagi. Perjalanan sampai pare masih satu jam lahi. Saking capeknya jalan seharian, dan juga kayaknya emang  nggak terlalu pinter anaknya. Aku berhenti di lampu merahsebuah pertigaan dekat stadion kediri. Masalahnya, satat itu lampu udah warna hijau dan tiba – tiba aku berhenti di tengah dan buka standart, hampir lepas helm. Jalanan emang lahi sepi, kebetulan kanan – kiri nggak ada kendaraan lain. Nah, dari belakang ada yang klakson, baru sadar. Malu pol! Aku mencoba tetap fokus sampe di Pare. Ubtungnya aku baik baik aja.

Anda pikir kebodohan saya berhenti setelah sampai camp ? Tentu tidak, ferguso! Capek dan lepek banget, pasti mau langsung mandi dong. Buru – buru lah ke kamar mandi dengan bawa baju ganti dan handuk. Tapi apa saudara saudara? Aku nghak bawa aminities. Astaghfirulloh, pengen marahin diri sendiri tapi nggak tega. Akhirnya aku Cuma basuh badan pakai air aja, terus langsung ganti baju.
Sssttt..!! Jangan bilang bilang ya kalo aku Cuma pura pura mandi.
Aku mandi benerannya setelah minggu siang, dan bobok seharian.
Besok kembali ke kenyataan, Fighting !!


Komentar

Postingan Populer